Kepuasan Terhadap Paylater Makin Tinggi, Transaksi Offline Tumbuh 169%

Uji Sukma Medianti
Oleh Uji Sukma Medianti - Tim Publikasi Katadata
25 Juni 2024, 18:42
Kredivo dan Katadata Insight Center (KIC) meluncurkan riset bertajuk Laporan Perilaku Pengguna Paylater Indonesia 2024. Hasil riset ini diperoleh dari analisis terhadap transaksi online dan offline dari lebih dari 2 juta sampel pengguna Kredivo di 34 prov
Kredivo
Kredivo dan Katadata Insight Center (KIC) meluncurkan riset bertajuk Laporan Perilaku Pengguna Paylater Indonesia 2024. Hasil riset ini diperoleh dari analisis terhadap transaksi online dan offline dari lebih dari 2 juta sampel pengguna Kredivo di 34 provinsi Indonesia pada 2023.
Button AI Summarize

Popularitas transaksi Paylater semakin melesat bukan hanya di platform e-commerce, namun di sektor belanja offline popularitasnya juga meningkat tajam.

Tercatat, transaksi offline berkontribusi sebesar 27,7 persen terhadap total transaksi paylater atau mengalami kenaikan hingga 169 persen sepanjang 2023.

Bahkan, paylater tetap menjadi kredit pertama bagi mayoritas responden (68 persen) yang mencerminkan inklusivitas dan kemudahan paylater dalam memberikan akses kredit bagi konsumen.

Temuan tersebut terungkap dari hasil riset bertajuk Laporan Perilaku Pengguna Paylater Indonesia 2024 yang merupakan hasil kerja sama Kredivo bersama Katadata Insight Center (KIC).

Hasil riset ini diperoleh dari analisis terhadap transaksi online dan offline dari lebih dari 2 juta sampel pengguna Kredivo di 34 provinsi Indonesia pada 2023, serta dari hasil survei online terhadap hampir 7 ribu responden pada 10 Maret – 7 April 2024.

Kajian ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk mendorong pertumbuhan dan inovasi di industri Paylater di Indonesia ke depan.

SVP Marketing & Communications Kredivo, Indina Andamari menjelaskan berbagai temuan menarik dalam laporan ini mulai dari pemerataan adopsi paylater ke berbagai wilayah hingga kepuasan pengguna dari lintas generasi.

"Semua ini menjadi penguat optimisme kami terhadap geliat industri paylater ke depan. Semoga kolaborasi strategis kami dengan Katadata Insight Center ini dapat menjadi acuan yang bermanfaat bagi seluruh stakeholder, bukan hanya pelaku industri namun juga regulator, untuk bersama-sama mendorong kemajuan Paylater di Indonesia," ujar Indina, dalam keterangan resmi, Selasa (25/6).

Adapun, Kredivo pun senantiasa berinovasi agar paylater dapat terus menjadi pembuka akses layanan keuangan bagi masyarakat sekaligus metode pembayaran pilihan baik di merchant online maupun offline.

Executive Director Katadata Insight Center, Adek Media Roza, Ph.D. menjelaskan selama 2023, transaksi Paylater secara offline mencapai puncak pada kuartal empat, yaitu sebesar 44 persen dari total seluruh transaksi.

Peningkatan ini bertepatan dengan libur akhir tahun dan banyaknya promo dari berbagai merchant yang mendorong aktivitas belanja konsumen.

Bahkan, kota-kota tier 2 dan 3 mendominasi jumlah transaksi Paylater di merchant offline dengan jumlah persentase sebesar 53,1 persen dibandingkan dengan kota-kota tier 1.

"Berbagai data ini memperlihatkan paylater yang semakin merata penetrasinya sebagai metode pembayaran pilihan konsumen di berbagai wilayah," ujar Adek.

Adopsi paylater pada transaksi offline menjadi pilihan bagi masyarakat di tier 2 dan 3 untuk dapat tetap berbelanja menggunakan Paylater tanpa hambatan infrastruktur digital dan tingginya ongkos kirim.

Kondisi ini menjadi peluang bagi merchant offline dan penyedia layanan paylater untuk memperbanyak kerja sama dalam mengintegrasikan layanan keuangan kredit digital.

Di sisi lain, transaksi paylater secara online tetap didominasi oleh kota di tier 1 dengan kontribusi sebesar 50,5 persen terhadap total transaksi di seluruh kota tier 1, 2, dan 3.

Penggunaan paylater di merchant online juga tetap merata sepanjang tahun, dengan persentase berkisar antara 22,9 persen hingga 26,7 persen per kuartal, didorong oleh promo e-commerce pada setiap tanggal kembar.

Sepuluh tanggal transaksi online tertinggi terjadi pada tanggal kembar, dengan puncak tertinggi pada 12 Desember, yang mencatat jumlah transaksi online 2,11 kali lebih tinggi dari rata-rata harian.

Paylater Tumbuh Jadi Metode Pembayaran Pilihan untuk Kebutuhan Sehari-hari

Laporan Perilaku Pengguna Paylater Indonesia 2024 juga menunjukkan peningkatan penggunaan paylater pada pembelian 6 dari 13 kategori produk, seperti makanan (dari 16,6 persen pada 2022 menjadi 17,6 persen pada 2023), kesehatan dan kecantikan (dari 14,4 persen pada 2022 menjadi 15,8 persen pada 2023), serta peralatan kantor dan alat tulis (dari 3,1 persen pada 2022 menjadi 4,2 persen pada 2023).

Peningkatan dalam berbagai kebutuhan sehari-hari ini sejalan dengan tingginya tingkat kepuasan konsumen. Pada tahun 2024, tingkat kepuasan pengguna paylater mencapai 8,18 dari 10, meningkat dari angka 7,96 pada tahun sebelumnya. Skor tertinggi diperoleh dari pengalaman bertransaksi, mencapai 8,76 dari 10.

Temuan penting lain dalam laporan ini adalah peningkatan pengguna berusia lebih tua di luar segmentasi Gen Z dan Milenial. Proporsi jumlah pengguna di 36 tahun ke atas tumbuh dari sebesar 27,8 persen pada 2022 meningkat menjadi 29,6 persen pada 2023.

Dari segi transaksi, proporsi jumlah transaksi dari rentang usia ini juga meningkat dari 31 persen pada 2022 menjadi 31,9 persen pada 2023.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Ekonomi Digital CELIOS (Center of Economic and Law Studies) Nailul Huda yang turut ikut serta dalam peluncuran ini mengatakan rentang pengguna yang lebih beragam menunjukkan bahwa paylater di merchant offline diterima baik oleh kelompok usia yang cenderung lebih lambat mengadopsi belanja online dan lebih nyaman dengan belanja offline.

Tren ini juga menunjukkan bahwa kehadiran paylater di merchant offline efektif memperluas demografi pengguna. Fenomena tersebut menjadi potensi besar bagi industri paylater untuk terus berkembang dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi perekonomian Indonesia.

"Terutama dalam membuka akses keuangan bagi masyarakat serta mengakselerasi digitalisasi transaksi. Terlebih masifnya penetrasi ke kota tier 2 dan tier 3 akan membuat pertumbuhan pengguna paylater masih sangat dimungkinkan meningkat secara signifikan dalam beberapa waktu mendatang," ujarnya.

Beberapa temuan menarik lainnya dari laporan ini di antaranya:

1. Masyarakat semakin sering berbelanja secara offline, dipicu oleh keinginan untuk mencoba produk sebelum membeli.

Sebanyak 55,8 persen responden melaporkan peningkatan frekuensi berbelanja di merchant offline, sementara 56,1 persen menyatakan bahwa pengeluaran mereka untuk belanja offline juga meningkat.

Pertumbuhan aktivitas belanja offline ini didorong oleh kemudahan dalam memeriksa dan mencoba produk (78,8 persen) serta pengalaman belanja yang lebih personal melalui interaksi langsung dengan penjual (45,2 persen).

2. Pengguna Paylater untuk transaksi offline meningkat pesat dalam 1 tahun belakangan.

Perluasan kerja sama pelaku paylater dengan merchant offline serta meningkatnya aktivitas belanja offline selama 2023 turut mendorong peningkatan jumlah pengguna paylater untuk transaksi offline secara signifikan, yaitu mencapai 30,9 persen dari total pengguna atau meningkat sebesar 103 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

3. Paylater masuk 3 besar metode pembayaran paling populer untuk berbelanja online, dengan penggunaannya mencapai 70,5 persen pada 2024.

Sebaliknya, penggunaan kartu kredit mengalami penurunan yang cukup signifikan dari 15 persen pada 2023 menjadi hanya 9,5 persen.

Pada 2024, menunjukkan perubahan preferensi masyarakat yang semakin mengutamakan kepraktisan dan aksesibilitas yang mudah dalam bertransaksi secara online.

4. Preferensi masyarakat terhadap penggunaan Paylater dengan tenor panjang tetap tinggi.

Selama dua tahun terakhir, jumlah pengguna yang memilih tenor lebih dari 6 bulan saat menggunakan paylater terus meningkat.

Pada 2024, sebanyak 60,1 persen responden memilih tenor ini, meningkat dari 58,1 persen tahun 2023.

Tren ini menunjukkan peran penting paylater dalam menjaga kesehatan cash flow dan kecenderungan konsumen untuk memperpanjang masa cicilan guna mengurangi beban bulanan.

Laporan Perilaku Pengguna Paylater Indonesia 2024 menjadi kali pertama Kredivo bersama Katadata Insight Center merilis laporan khusus tentang pengguna paylater, setelah empat tahun berturut-turut berfokus pada perilaku konsumen e-commerce termasuk pilihan pembayaran yang dipilih.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai perilaku pengguna Paylater, baik di merchant online maupun offline, masyarakat dan pelaku industri dapat mengunduh Laporan Perilaku Pengguna Paylater Indonesia 2024 di www.kredivocorp.com.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...